Flowchart
Yang
kali ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya, tentang Natural
Language. Nah, Berbeda halnya dengan Natural Language, Flowchart
menggunakan beberapa simbol – simbol standar (internasional) yang
disusun sedemikian rupa, dihubungkan dengan connector2 sehingga
membentuk sebuah bagan/ diagram yang yang menggambarkan suatu langkah2
penyelesaian masalah/ algoritma. Dan tentunya, Flowchart ini harus
dibuat sesuai arus/ berurutan.
Dalam pembuatan Flowchart sendiri, tidak ada kaidah baku yang ditentukan (selain simbol2 yang digunakan), dengan kata lain, Flowchart yang dibuat biasanya akan berbeda untuk setiap programmer karena akan sangat tergantung cara berpikir masing – masing programmer serta algoritma yang digunakan. Input – Proses – Output pun mewarnai sistematika Flowchart, dimana masing – masing langkah tersebut memiliki simbol – simbol yang mewakilinya. Kalo wikipedia bilang, ada berbagai jenis Flowchart yang digunakan, tergantung keperluan. Namun secara garis besar mungkin bisa dikategoriin jadi 4 aja :
1. System Flowchart
Urutan proses dalam sistem dengan menunjukkan alat/ media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data. Hmm.. Saya sendiri jarang (hampir ga pernah) membuat Flowchart jenis ini. Berikut contoh suatu System Flowchart :
Dalam pembuatan Flowchart sendiri, tidak ada kaidah baku yang ditentukan (selain simbol2 yang digunakan), dengan kata lain, Flowchart yang dibuat biasanya akan berbeda untuk setiap programmer karena akan sangat tergantung cara berpikir masing – masing programmer serta algoritma yang digunakan. Input – Proses – Output pun mewarnai sistematika Flowchart, dimana masing – masing langkah tersebut memiliki simbol – simbol yang mewakilinya. Kalo wikipedia bilang, ada berbagai jenis Flowchart yang digunakan, tergantung keperluan. Namun secara garis besar mungkin bisa dikategoriin jadi 4 aja :
1. System Flowchart
Urutan proses dalam sistem dengan menunjukkan alat/ media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data. Hmm.. Saya sendiri jarang (hampir ga pernah) membuat Flowchart jenis ini. Berikut contoh suatu System Flowchart :
urutan aliran dokumen dalam sebuah sistem (sory, saya sendiri ga ngerti jadi jangan tanya saya.. ini saya terjemahin dari wikipedia )
3. Data Flowchart
menggambarkan alur data di dalam sebuah sistem (ini juga, dari wikipedia silakan dicek sendiri di wikipedia ). Tapi (mungkin) Data Flowchart ini sama dengan Data Flow Diagram (cuma mungkin lho…)
4. Program Flowchart
Urutan instruksi yang digambarkan dengan simbol tertentu untuk menyelesaikan suatu permasalahan/ pekerjaan dalam suatu program. Nah, Flowchart jenis inilah yang sedang kita bahas, karena untuk mata kuliah Algoritma dan Pemrograman Komputer memang cuma membahas Flowchart jenis ini (sepengalaman saya, untuk flowchart jenis lain
1. Flow Direction Symbols (Simbol Pengarah Alur)
2. Processing Symbols (Simbol Pemrosesan)
3. Input-Output Symbols (Simbol Input-Output)
Berikut ini Flowchart dari contoh sebelumnya (dari artikel sebelumnya, yaitu menentukkan suatu bilangan termasuk Genap atau Ganjil). Silakan diperhatikan.
Oke, seperti udah Anda pelajari di bagian simbol – simbol pada Flowchart, pastinya Anda ingat dan mengerti maksud2 simbol tersebut. Program Flowchart, memang harus diawali dengan (START) dan diakhiri dengan (END). Langkah2nya pun sama, Input -> Proses -> Output.
- Dari contoh di atas, Input berupa bilangan (variabel bil) disimbolkan dengan bangun jajar genjang (yang mewakilik input serta output, tergantung keterangan).
- Langkah berikutnya adalah Proses. Proses disini terdiri dari 2 bagian, yaitu penyeleksian kondisi dan assignment ke variabel jenis.
Penyeleksian kondisi, merupakan bagian penentuan hal yang akan
dilakukan jika suatu syarat tertentu dipenuhi. Hal ini mungkin sama
kayak Implikasi dalam pelajaran Logika Matematika SMA.
ketika bil modulus 2 == 0, -> jenis = ‘GENAP’,
jika tidak, otomatis bil adalah ganjil -> jenis = ‘GANJIL’ - Langkah berikutnya, outputkan jenis bilangan. menggunakan simbol jajar genjang (seperti halnya input). Namun dapat juga menggunakan simbol display. **Lihat tabel simbol2 di atas**
- Setelah output, program menanyakan, apakah ingin mengulang lagi?
Jika ya, maka jalan program kembali ke langkah input.
Jika tidak, maka program akan berhenti (END). - END.
0 komentar:
Posting Komentar